Kamis, 02 Februari 2012

Pengobatan PRK



          Untuk orang dewasa yang memiliki mata minus cukup besar, kacamata yang digunakannya cukup tebal. Ini tidak praktis, belum lagi bagi seorang gadis yang ingin tampil cantik, kacamata ini menjadi masalah. Seperti telah kita ketahui bahwa kacamata dapat diganti dengan lensa kontak. Akan tetapi, cara ini pun masih memiliki kelemahan, misalnya, biaya relatif lebih mahal, tidak dapat dipakai oleh penderita alergi, dan juga bisa menimbulkan infeksi kornea.

          Untuk mengatasi masalah tersebut dapat ditempuh jalan dengan mengoreksi cacat mata dengan bedah refraktif atas kornea. Cara pembedahan terbaru yang saat ini dikenal adalah pembedahan dengan memakai laser excimer. Dengan metode ini, sinar laser diarahkan untuk mengurangi kecembungan lensa mata sehingga permukaan kornea menjadi lebih datar dan dapat mengoreksi kelainan refraksi (pembiasan) cahaya pada mata. Dalam ilmu kedokteran, cara ini disebut Photorefractive Keratectomy (disingkat PRK).

          Salah satu persyaratan penting untuk menjalani pengobatan PRK adalah usia pasien lebih dari 20 tahun, sebab kalau berumur di bawah 20 tahun orang masih mengalami perubahan refraksi. Tindakan PRK terhadap cacat mata rabun jauh dengan laser excimer tergolong aman, efektif, stabil dan hasilnya dapat diperkirakan. Metode ini efektif untuk rabun jauh antara minus 2 sampai dengan minus 8 dioptri.

Sumber: Majalah Berita Mingguan Sinar, Nomor 14, Februari 1995

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar di bawah ini menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung SARA.,
Say No To Racism!!!